SHARING DUNIA KERJA OLEH IKATAN ALUMNI KEPADA MAHASISWA AKBID KARYA BUNDA HUSADA

Senin ,2016-09-19 - 11:56:21 WIB| Author Administrator

ALUMNI KBH - Kegiatan dunia kerja dengan perkuliahan tentunya akan banyak ditemukan perbedaaan yang kadang membuat orang menjadi tidak siap untuk menghadapi kondisi dan situasi yang sesungguhnya. Sehingga menimbulkan kecemasan karena ketidakpastian harapan yang akan dilalui pada dunia kerja. AKBID Karya Bunda Husada akhirnya berinisiatif untuk mengadakan acara talkshow  dengan narasumber para alumni yang sharing mengenai pengalaman mereka berada di dunia kerja dan memberikan beberapa tips yang bisa diterapkan di dunia kerja pada hari Sabtu, 04 Februari 2016, kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan tali silaturahmi antara institusi dengan para alumni dan memberikan informasi secara langsung kepada Mahasiswa tentang Dunia Kerja, sehingga akan dapat meningkatkan Motivasi belajar Mahasiswa selama menempuh Pendidikan di AKBID Karya Bunda Husada.

Pada kesempatan tersebut, dihadirkan 4 orang perwakilan dari Alumni AKBID Karya Bunda Husada dengan latar belakang tempat kerja yang berbeda dengan maksud agar mahasiswa memperoleh informasi yang berbeda dari setiap tatanan Pelayanan Kesehatan, adapun Alumni yang diundang yaitu Adinda Putri Kinanti Alumni dimana saat ini yang bersangkutan bekerja di Bidan Praktek Swasta, Euis Rosmiati bekerja di RS selaras, Nyi Nurnia Sari bekerja di Klinik bersalin, Riyanti bekerja di klinik.

Euis yang merupakan Lulusan yang bekerja di RS Selaras mengatakan bahwa “Nilai akademik yang diperoleh selama menjalani masa perkuliahan tentu bukanlah satu-satunya hal yang menjamin seseorang diterima di instansi yang sesuai dengan bidang keilmuannya. Nilai akhir atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi juga tidak menjadi satu-satunya faktor yang dilihat dari Instansi. Tapi IPK sangat dibutuhkan saat mencari pekerjaan karena sebagian besar instansi lahan kerja lebih memilih lulusan dengan IPK yang relatif tinggi, dan carilah pengalaman terlebih dahulu setelah lulus dari Kuliah jangan hanya mencarai gajih yang besar karena dengan pengalaman yang kita punya kita akan dapat menerapkan Ilmu yang kita peroleh dilahan praktek sehingga akan dapat menurunkan AKI dan AKB”

Riyanti mengatakan “dalam bekerja dia juga menyarankan untuk tidak banyak mengeluh, karena mengeluh akan menutup diri dari sesuatu yang baik”

Semua alumni berpesan kepada peserta agar saat terjun ke dunia kerja disesuaikan dengan minat masing-masing.“Apapun pekerjaannya, kalau sudah menjadi minat kita pasti kita akan jadi enjoy  saat menjalaninya. Tidak sedikit karyawan yang justru menjadikan pekerjaan sebagi beban karena tidak suka pada bidang pekerjaanya,”